Minggu, 11 Juli 2010

L-TransforMen : The Great Opportunity

L-TransforMen merupakan sebuah event yang diadakan oleh L-Men, sebuah produk minuman kesehatan khusus untuk pria yang paling terkenal di Indonesia, yang memberikan kesempatan kepada 8 (delapan) orang peserta dari 4 (empat) kota berbeda untuk melakukan proses transformasi perubahan bentuk tubuh dari yang tidak ideal menjadi ideal dengan olahraga dan suplementasi produk L-Men. Event L-TransforMen ini  diadakan pada bulan April hingga Juli 2010 dengan peserta Ananda Maulid Dandhy & Alvin Wiharja Ong (Bandung); Wahyu Catur Prasetyo (saya sendiri) & Tedy Setiana Muslich (Yogyakarta) pada tanggal 12 April - 11 Juli  2010, kemudian Glorio Gilbert Makaminan & Saesarez Aria Dwisatya Novandito (Jakarta); serta Arta Dwi Novianto & Yusuf Januar Sianto (Surabaya) pada 19 April - 16 Juli 2010. Terdapat dua kategori pada event L-TransforMen ini, yaitu kategori Lose Weight (Alvin, saya & Novandito) dan Gain Mass (Ananda, Tedy, Glorio, Arta & Yusuf).

Event L-TransforMen ini memberikan kesempatan membership gratis di tempat gym terpilih, pendampingan olahraga & nutrisi oleh Personal Trainer dari tempat gym yang bersangkutan serta suplementasi produk L-Men yang sesuai selama 3 (tiga) bulan kepada seluruh pesertanya. Di Bandung, peserta L-TransforMen berlatih di Sosi Universe, Dago Plaza. Di Yogyakarta, para peserta berlatih di Zalaza Gym & Music, Ringroad Utara. Sementara para peserta Jakarta & Surabaya mendapatkan kesempatan berlatih di Celebrity Fitnes di kota masing-masing. Sebagai imbal balik atas kesempatan yang telah diberikan tersebut, seluruh peserta L-TransforMen wajib aktif mengupdate proses transformasi di Facebook dan Twitter selama event ini berlangsung dengan menyebutkan produk L-Men yang digunakan dan tempat Gym yang ditentukan minimal 1 kali per hari. Dan untuk memantau proses perkembangan seluruh peserta, maka setiap awal minggu yaitu setiap hari Senin, –via email– para peserta harus mengirimkan jurnal harian L-TransforMen yang berisi tentang kegiatan latihan dan pola makan harian dari seluruh peserta.

Proses pendaftaran event ini saya ketahui ketika pada bulan Maret 2010 saya membuka website L-Men terdapat halaman tentang event L-TransforMen ini. Kemudian saya meminta bantuan sahabat saya, Dewi & Budi, untuk membuatkan foto profil saya dalam keadaan topless, yang menunjukkan perut gendut saya (yang lebih pantas disebut tas pinggang mungkin, hehe). Kemudian dengan amat sangat yakin saya mendaftarkan diri pada event L-TransforMen ini dengan memasukkan data saya, termasuk tinggi dan berat badan saya, serta foto topless saya tersebut sebagai persyaratan untuk event L-TransforMen ini. Senang sekali saat itu pada awal bulan April 2010, ketika saya ditelepon oleh tim Nutrifood yang memberitahukan kepada saya bahwa saya lolos seleksi sebagai peserta event L-TransforMen 2010 kategori Lose Weight. Kemudian saya buka website L-Men, saya sangat senang saat mengetahui bahwa terdapat nama & foto saya di salah satu halaman website tersebut. Kemudian saya mencari informasi tentang para peserta L-TransforMen lainnya, yang terdapat nama Tedy Setiana Muslich (yang merupakan salah satu penyiar radio terkenal di Yogyakarta) yang ternyata telah menjadi teman saya di Facebook. Melalui Facebook, saya berinteraksi secara intens dengan Tedy tentang event ini.

Kemudian pada tanggal 07 April 2010, Mas Damar dari Nutrifood Yogyakarta menelepon saya bahwa dalam dua hari berikutnya akan diadakan pembuatan photoshoot untuk proses 'Before' pada L-TransforMen, karena itu saya dan Tedy akan dipertemukan di Zalaza Gym Yogyakarta. Pada tanggal 09 April 2010, kami bertemu di Zalaza Gym. Terdapat Mas Damar, Bunda Evy & Mas Hari dari Nutrifood Yogyakarta; Pak Pram, Mas Antok & Mba Dian dari Zalaza Gym; serta saya & Tedy yang bertemu pada hari itu. Kemudian saya, Tedy, Mas Damar & Bunda Evy terlibat dalam sebuah pembicaraan yang serius tentang pengukuran komposisi tubuh & pembuatan foto ‘Before’. Saat itu juga, saya & Tedy diukur komposisi tubuh kami, dan juga kami melakukan photoshoot ‘Before’ di sebuah studio foto yang dekat dengan Zalaza Gym tersebut. Kami juga melakukan penandatanganan kontrak untuk event L-TransforMen saat itu juga. Setelah proses photoshoot, kami langsung menerima paket produk L-Men yang amat banyak karena terdiri dari beberapa box susu (Sembilan box L-Men Gain Mass untuk Tedy dan 10 box L-Men Lose Weight untuk saya), snack sehat (15 box L-Men Hi Protein Bar) dan sweetener pengganti gula (2 box L-Men Sixpack).

Pada hari Senin 12 April 2010, saya bertemu dengan Personal Trainer saya, Mas Joko, yang melakukan proses pengukuran tubuh ulang, sedangkan latihan pertama akan diadakan keesokan harinya. Dan seperti sudah diduga, proses latihan awal saya amat sangat berat, mengingat saya sudah lama tidak melakukan olahraga, badan saya mengalami pegal-pegal. Tapi setelah berjalan selama beberapa hari, proses latihan tidak lagi terasa berat lagi bagi saya. Pada minggu-minggu awal, begitu mudah bagi saya untuk menurunkan berat badan, namun pada pertengahan program, berat badan saya stagnan. Tetapi Personal Trainer saya selalu menyemangati saya untuk tetap berjuang tanpa putus asa. Beliau berkata bahwa mungkin berat badan saya mengalami stagnasi karena masa lemak saya telah berkurang dan masa otot saya yang bertambah.

Sebagai peserta L-TransforMen, saya dan peserta lainnya mendapatkan berbagai kesempatan, selain free stuff produk & merchandise L-Men hehe, seperti kesempatan khusus untuk menghadiri acara Grad Final L-Men Of The Year 2010 : Transformation yang diadakan di Jakarta pada tanggal 18 Juli 2010 nanti. Nah, sebelumnya, kami juga mendapatkan undangan khusus untuk menghadiri acara Meet & Greet with the Winner of L-Men 2009 dan Audisi L-Men Of The Year 2010 : Transformation yang diadakan di kota masing-masing. Di Yogyakarta, acara Meet & Greet with the Winner of L-Men 2009 dan Audisi L-Men Of The Year 2010 : Transformation diadakan pada tanggal 24 & 25 April 2010 di Phoenix Ballroom, Hotel Grand Phoenix Yogyakarta. Saat itu saya berkesempatan mengobrol dengan Steven, pemenang L-Men 2009, yang merupakan teman Facebook saya sejak tahun lalu. Nah, setiap kali saya merasa kehilangan semangat, Mas Joko selalu menyemangati saya untuk tetap termotivasi untuk memiliki tubuh ideal seperti Steven, karena tinggi badan Steven tidak terlalu berbeda dengan tinggi badan saya hehe.

Terkadang banyak tantangan yang harus saya hadapi ketika akan berlatih di Zalaza Gym. Tantangan yang paling sering terjadi adalah karena faktor cuaca yang tidak bisa ditebak, apalagi jika hujan deras sudah mendera kota Yogyakarta, otomatis jarak bepergian saya menjadi terbatas. Selain faktor cuaca adalah faktor waktu. Terkadang waktu yang sudah saya luangkan untuk berolahraga ternyata tersita untuk kegiatan lain, seperti untuk menghadiri interview kerja, mendapatkan panggilan casting, atau terlalu capek setelah beraktivitas seharian. Kemudian tantangan lain yang harus saya pecahkan selama proses transformasi L-TransforMen ini adalah menghilangkan rasa jenuh pada satu rasa yang terdapat pada L-Men Lose Weight yaitu Chocolate Cereal. Mengingat setiap hari, pada saat makan pagi dan makan malam, saya sebagai peserta L-TransforMen kategori Lose Weight harus mengkonsumsi L-Men Lose Weight Chocolate Cereal sebagai pengganti makan pagi & malam. Untuk mengatasi kejenuhan tersebut, saya terkadang mengkombinasikan L-Men Lose Weight dengan menambahkan susu L-Men Hi Protein Advance Formula atau varian Daily Formula, menambahkan potongan buah seperti pisang, atau mencampurkannya dengan setengah porsi bubur kacang hijau. Sempat tercetus dalam ide saya untuk mengusulkan kepada pihak L-Men untuk menciptakan berbagai varian rasa untuk L-Men Lose Weight seperti yang ada pada saudara L-Men, yaitu pada WRP dan Nutri Sari yang memiliki rasa yang bervariasi (saya sempat ingin mencoba WRP Nutritious Drink rasa Strawberry, haha, untungnya tidak jadi). Selain itu, pengaturan pola makan juga merupakan tantangan bagi saya. Karena sebagai penggemar makanan enak, terus terang agak susah bagi saya untuk mengganti ayam goreng dengan ayam rebus. Apalagi jika tiba-tiba saya bertemu kawan saya yang mengajak makan, hmm.. pasti langsung saya katakana bahwa saya sedang dalam proses diet. Di rumah tantangan untuk menghindari makanan enak ini menjadi semakin besar, karena −saya mensyukuri hal ini− ibu dan ayah saya mempunyai bakat memasak makanan yang selalu enak, hehe.

Tanpa terasa, telah 3 (tiga) bulan dilalui. Proses tranformasi L-TransforMen dari peserta Bandung dan Yogyakarta berakhir pada tanggal 11 Juli 2010 ini. Sedangkan peserta Jakarta dan Surabaya pada 16 Juli 2010 ini. L-TransforMen merupakan kesempatan berharga bagi saya karena telah memberikan kesempatan kepada saya untuk memperbaiki bentuk tubuh saya melalui olahraga dan suplementasi produk L-Men yang terbukti ampuh.  Saya, sebagai peserta L-TransforMen Yogyakarta, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada L-Men dari Nutrifood yang telah memberikan kesempatan berharga ini kepada saya. Semoga akan memberikan dampak positif kepada saya, baik secara penampilan fisik maupun kepribadian. Ucapan terima kasih juga saya ucapkan kepada pihak terkait yang telah membantu seperti Mas Damar, Bunda Evy dan Mas Hari dari Nutrifood Yogyakarta yang selalu saya repotkan hehe (peace ya hehe); Mas Julian, Mba Vina, Mas Ariel & Mas Meirza dari Nutrifood Jakarta yang selalu memberikan feedback kepada saya; serta Mas Iwang & Mas Andri dari Costumer Service Nutrifood yang selalu rajin memantau perkembangan saya. Dari Zalaza Gym, ucapan terima kasih juga saya ucapkan kepada Pak Pram, Mas Antok (Personal Trainer-nya Tedy), Mba Dian, Mba Wahyu, Mas Sihono, Pak Burhan, beserta seluruh kerabat & karyawan Zalaza atas dukungannya selama ini, terutama kepada Mas Joko yang selalu memberikan suntikan semangat dan motivasi. Kepada teman-teman sesama peserta L-TransforMen, termasuk teman seperjuangan saya, Tedy, saya ucapkan tetap bersemangat. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada teman-teman saya, baik yang di dunia nyata maupun di dunia maya, yang selalu menyemangati saya untuk tetap berjuang menghancurkan lemak-lemak pada tubuh saya, termasuk yang selalu mengapresiasi status Facebook & Twitter saya dan juga memberikan komentar pada setiap foto & note yang saya update. Sampai jumpa di acara Grand Final L-Men Of The Year 2010 : Transformation (karena Insya Allah saya pasti tampil di sana hehe). Terima kasih telah bersedia membaca personal blog saya. Akhirnya saya ingin mengucapkan satu kalimat yang paling dikenal oleh para L-Men mania yang terdapat pada iklannya, yaitu “L-Men, Trust Me, It Works.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar